Logo Bloomberg Technoz

Dirjen Imigrasi Sebut Tak Ada Permintaan Cekal untuk Mentan SYL

Pramesti Regita Cindy
04 October 2023 13:20

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Bloomberg Technoz/Dova Hasiana)
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Bloomberg Technoz/Dova Hasiana)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dirjen Imigrasi Silmy Karim menyebutkan belum ada permintaan untuk mencegah maupun menangkal (cekal) untuk Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo alias SYL. Silmy mengatakan, kasusnya pun tak terkait imigrasi melainkan KPK yang menyebabkan kepulangan SYL dari luar negeri bukan dalam koordinasi Ditjen Imigrasi.

"Tidak ada permintaan cegah tangkal untuk pak Mentan," kata Silmy saat ditemui di gedung Kemenkumham, Kuningan, Jakarta, Rabu (4/10/2023).

Sebelumnya keberadaan SYL menjadi tanda tanya usai disebutkan sepulang dari Spanyol untuk urusan kerja kementerian, dirinya berpisah dari rombongan yang kembali ke Tanah Air. Pada saat penggeledahan KPK di rumah dinas dan gedung kantornya, SYL memang sudah berada di luar negeri.

Wakil Mentan Harvick Hasnul Qolbi mengatakan, Kementan saat ini ibarat hilang kontak dengan SYL. Sementara Silmy belakangan sempat menyebut bahwa dari bacaan data perjalanan perlintasan, SYL berada di Roma, Italia. Dia memastikan bahwa politikus Partai NasDem itu belum kembali hingga hari ini.

"Belum masuk ke Indonesia," kata Silmy lagi.