Logo Bloomberg Technoz

Pengganti McCarthy mungkin akan berada di bawah “tekanan yang lebih besar” untuk menghindari paket pendanaan sementara atau pendanaan tambahan untuk Ukraina, kata Goldman.

Presiden Joe Biden berharap DPR akan segera memilih ketua baru, kata Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre dalam sebuah pernyataan.

Terakhir kali DPR melakukan pemungutan suara untuk mencopot seorang pembicara adalah pada tahun 1910. Dalam kasus tersebut, Ketua DPR saat itu, Joseph Cannon, selamat dari ujian tersebut.

Perwakilan Patrick McHenry dari North Carolina ditunjuk sebagai pembicara sementara. Ketua Komite Jasa Keuangan, McHenry sebelumnya mengatakan dia tidak tertarik dengan pekerjaan tersebut.

Tidak ada penerus yang jelas untuk menyatukan partai-partai yang terpecah belah ini, sebuah kekosongan yang muncul ketika AS mendekati batas waktu 17 November untuk menjaga pemerintahan tetap terbuka. Shutdown yang disruptif akan berdampak besar pada perekonomian AS.

McCarthy tidak segera berbicara kepada wartawan.

Sebagai seorang penyintas politik yang gigih dan mengatakan dia tidak akan berhenti, McCarthy dapat segera mencalonkan diri lagi untuk jabatan tersebut. Namun kampanye pertamanya sebagai ketua umum memakan waktu 15 putaran yang luar biasa dan pemilihan kedua sebagai ketua sepertinya tidak akan lebih mudah.

Kabar penggulingan McCarthy bermula ketika Anggota Partai Republik, Matt Gaetz, secara resmi melangkah untuk menggulingkannya pada Senin (2/10/2023) malam, waktu setempat. 

Dia mengakui pemungutan suara berisiko tinggi yang kemungkinan akan secara dramatis mengubah keseimbangan kekuasaan di Washington, apapun hasilnya.

Dukungan McCarthy pada hari Sabtu terhadap kesepakatan bipartisan untuk menghindari shutdown atau penutupan pemerintah memicu pembangkangan oleh anggota Partai Republik dari Florida tersebut.
Gaetz berdiri di dalam dewan DPR, memulai secara resmi proses tersebut.

(bbn)

No more pages