Logo Bloomberg Technoz

Mentan SYL Disebut Hilang Kontak, Keberadaannya Jadi Teka-teki

Pramesti Regita Cindy
03 October 2023 21:53

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat Konfrensi Pers RAPBN dan Nota Keuangan 2024. (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu)
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat Konfrensi Pers RAPBN dan Nota Keuangan 2024. (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) disebutkan tengah berada di luar negeri. Dia menjadi sorotan karena belum lama ini, kediamannya hingga kantornya di Kementerian Pertanian digeledah KPK. Lembaga antirasuah menemukan berbagai hal dalam penggeledahan termasuk senjata api.

SYL juga sebelumnya sudah diperiksa oleh KPK terkait dugaan korupsi di kementerian itu. Ada beberapa klaster kata KPK meski tak merinci SYL terkait yang mana. Sementara Wakil Mentan Harvick Hasnul Qolbi mengatakan, Kementan saat ini ibarat hilang kontak dengan SYL.

Belakangan, mantan Gubernur Sulawesi Selatan yang juga politikus Partai NasDem itu dikabarkan berada di Spanyol tetapi ada juga yang menyebut melakukan kegiatan di Roma, Italia. Pada saat penggeledahan KPK, dia sudah tidak berada di Indonesia.

Penyidik KPK menggeledah rumah Mentan SYL di kawasan Widya Chandra Jakarta (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)

Sementara mantan juru bicara KPK Febri Diansyah dan rekannya Rasamala Aritonang terkait kasus SYL itu juga diperiksa KPK. Namun Febri kepada wartawan usai diperiksa membantah membantu upaya perintangan penyidikan kasus Kementan. Febri mengatakan, justru pihaknya membantu megadvokasi soal antikorupsi. Dia mengatakan memang pernah memberikan draft pendapat hukum titik rawan korupsi dan sekaligus memberikan rekomendasi memperkuat pengendalian sistem internal pencegahan korupsi di Kementan.

"Kami benarkan karena memang itu draft pendapat hukum yang kami susun secara profesional," ujar Febri di gedung KPK, Jakarta, Senin (2/10/2023).