Logo Bloomberg Technoz

Prancis Akan Vaksinasi Jutaan Bebek, Penikmat Foie Gras Khawatir

News
03 October 2023 20:10

Ilustrasi pariwisata di Paris, Prancis. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pariwisata di Paris, Prancis. (Sumber: Bloomberg)

Jenny Che dan Megan Durisin - Bloomberg News

Bloomberg, Prancis mulai melakukan vaksinasi terhadap jutaan bebek untuk mengendalikan wabah flu burung di salah satu negara eksportir unggas terbesar di dunia tersebut. Langkah ini membuat beberapa pelanggan utamanya merasa khawatir.

Penyebaran virus ini - yang dapat mematikan bagi unggas domestik - telah memburuk dalam beberapa tahun terakhir. Lebih dari 200 juta unggas mati sejak akhir tahun 2021 secara global. Industri bebek Prancis, yang terkenal dengan hidangan lezat foie gras yang terbuat dari hati bebek, termasuk yang terkena dampak. Hal ini memicu pencarian akan cara baru untuk mengatasi penyakit ini.

Termasuk di antaranya vaksin, yang telah diuji coba di beberapa negara Uni Eropa. Prancis sekarang menjadi yang pertama di blok tersebut yang menggunakan vaksin secara komersial. Kampanye ini dimulai pada hari Minggu dan akan menghabiskan sekitar 100 juta euro atau setara Rp1,6 triliun. Sebanyak 85% di antaranya akan disubsidi oleh pemerintah.

Indeks impor daging yang masuk ke Prancis. (Sumber: Bloomberg)

Sekitar 64 juta anak bebek di Prancis, yang dipelihara untuk diambil dagingnya dan digunakan untuk foie gras, dijadwalkan akan menerima dua suntikan dalam beberapa pekan. Langkah ini diharapkan dapat membentuk kekebalan pada unggas tersebut pada akhir tahun.