Logo Bloomberg Technoz

Minat Investor Anjlok, Lelang SUN Hanya Diambil Setengah

News
03 October 2023 17:00

Ilustrasi Rupiah (Brent Lewin/Bloomberg)
Ilustrasi Rupiah (Brent Lewin/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Di tengah volatilitas pasar yang memuncak, gelar lelang Surat Utang Negara yang digelar pemerintah hari ini mencatat penurunan animo investor yang signifikan kendati pemerintah menaikkan target indikatif emisi.

Nilai permintaan masuk dalam lelang SUN hari ini turun 22% dibanding lelang sebelumnya dengan nilai animo sebesar Rp22,42 triliun. Para peserta lelang meminta yield jauh lebih tinggi sejalan dengan tengah melesatnya tingkat imbal hasil SUN di pasar sekunder dalam beberapa hari terakhir hingga menembus 7% hari ini.

Tenor 10 tahun FR0100 masih menjadi favorit peserta lelang dengan mencatat permintaan masuk hingga Rp8,31 triliun. Untuk seri ini, pemodal meminta imbal hasil tertinggi hingga 7,22% dan terendah sebesar 6,87%.

Sementara itu tenor 5 tahun juga banyak diminati dengan mencatat permintaan Rp4,85 triliun. Yield yang diminta untuk FR0095 ini antara 6,6%-6,8%. Tenor lebih panjang, 20 tahun yaitu FR0097 juga membetot banyak minat sebesar Rp3,93 triliun.

Sementara seri SPN yang tenornya di bawah 12 bulan, tidak banyak diminati. Para pemodal ditengarai bakal lebih menyasar Sertifikat Rupiah Bank Indonesia (SRBI) yang akan digelar lelangnya esok oleh Bank Indonesia.