Logo Bloomberg Technoz

Titik Kebakaran Hutan di Indonesia

Septiana Ledysia
03 October 2023 15:30

Ilustrasi kebakaran hutan di Sumatera. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi kebakaran hutan di Sumatera. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kebakaran hutan terjadi di beberapa titik di wilayah Indonesia. Dari pantauan tiga satelit milik NASA, sekitar ada ratusan titik panas yang menyala di beberapa wilayah Indonesia. 

Seperti yang dipantau dari situs SiPongi+ milik Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK), Selasa (3/10/2023), pukul 13.52 WIB, satelit NASA-TERRA/AQUA memperlihatkan ada 71 titik panas yang masih menyala. Sedangkan satelit NASA-SNPP mencatat ada 23 titik panas, dan NASA-NOAA20 mencatat ada 12 titik panas.

Di wilayah Sumatera Selatan terdapat 10 titik panas yang terjadi di Desa Karang Agung, Desa Danau Cala, Desa Benawa, Desa Perigi, Desa Jungkal, Desa Tulung Selapan Ilir, Desa Simpang Tiga Jaya, Desa Karang Anyar, Desa Cempaka. Sebanyak 3 titik panas juga terdeteksi di Lampung dan 1 di Kepulauan Bangka Belitung dan 1 di Jambi.

Titik panas terbanyak berada di wilayah Kalimantan. Kondisi ISPU pada 2/10/2023 berada pada kondisi tidak sehat di angka 162 untuk Banjarmasin dan 113 untuk Banjarbaru. Tercatat terdapat 31 hotspot di Kalimantan Selatan pada 2/10/2023 berdasarkan pantauan satelit NASA-TERRA/AQUA.

Wamen LHK, Alue Dohong mengatakan langkah cepat yang dilakukan dengan melakukan mapping harian sebaran firespot. Serta mapping kebutuhan sumber daya baik peralatan, personil maupun sumber air.