Logo Bloomberg Technoz

Profil IKN: Luas, Batas-batas Wilayah dan Postur Geografisnya

Pramesti Regita Cindy
03 October 2023 16:20

Papan nama Titik Nol Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (8/3/2023).(Rony Zakaria/Bloomberg)
Papan nama Titik Nol Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (8/3/2023).(Rony Zakaria/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rancangan Undang Undang (RUU) hasil revisi U Nomor 3 Tahun 2023 mengenai Ibu Kota Negara (IKN) disahkan DPR pada Selasa (3/10/2023). IKN menjadi proyek ambisius Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang pembangunannya akan memerlukan anggaran besar dan memerlukan banyak invetor yang terlibat.

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terletak di Penajam Paser Utara, Kalaimantan Timur. Namun di mana sebenarnya leta persis IKN sebagaimana yang diterakan dalam UU IKN tersebut? Bagaimana postur geografisnya?

IKN diketahui memiliki wilayah daratan kurang lebih dengan luas 252.660 hektare. Sementara perairan lautnya seluas kurang lebih 69.769 hektare.

Perbatasannya sebagaimana dikuti dari Pasal 6 Ayat 2 UU IKN yakni di sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara, Teluk Balikpapan, Kecamatan Balikpapan Barat, Kecamatan Balikpapan Utara, dan Kecamatan Balikpapan Timur Kota Balikpapan.

Sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara. Lalu sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Loa Kulu, Kecamatan Loa Janan dan Kecamatan Sanga-Sanga Kabupaten Kutai Kartanegara. Kemudian di  sebelah timur berbatasan dengan Selat Makassar.

Pembangunan rumah pegawai pemerintah di ibu kota negara baru Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara,Kamis (21/9/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)