Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Mau RI Jadi Negara Maju, Siap-siap Pajak Naik Tinggi

Hidayat Setiaji
03 October 2023 16:10

Ilustrasi Bendera Indonesia (Sumber: Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Bendera Indonesia (Sumber: Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya cita-cita Indonesia menjadi negara maju berpendapatan tinggi alias high income country. Peluang ke arah sana, menurutnya, bisa diwujudkan jika Indonesia mampu memanfaatkan bonus demografi.

“Kesempatan kita hanya ada 13 tahun ke depan. Begitu kita keliru memilih pemimpin yang tepat untuk 13 tahun ke depan, hilanglah kesempatan untuk menjadi negara maju," tegas Jokowi dalam pertemuan dengan para pemimpin redaksi media massa nasional di komplek Istana Negara, beberapa waktu lalu.

Pernyataan Jokowi menitikberatkan pada jarak 13 tahun ke depan. Tiga belas tahun mendatang adalah 2035, yang disebut sebagai puncak bonus demografi Indonesia.

Indonesia adalah satu dari sedikit negara yang menikmati bonus demografi. Artinya, jumlah penduduk usia produktif lebih banyak dibandingkan dengan usia lanjut yang tergantung kepada orang lain (dependent).

Mengutip data Bank Dunia, saat ini median usia penduduk Indonesia adalah 29,7 tahun. Lebih muda dibandingkan median usaha penduduk negara-negara tetangga seperti Singapura (42,2 tahun), Malaysia (30,3 tahun), atau Thailand (41 tahun).