Logo Bloomberg Technoz

Daftar Insentif Jokowi untuk ASN dan Keluarga yang Pindah ke IKN

Fransisco Rosarians Enga Geken
03 October 2023 11:26

Ilustrasi PNS. (Dok. jakarta.go.id)
Ilustrasi PNS. (Dok. jakarta.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemerintah menyiapkan insentif dan sederet fasilitas untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Jokowi menyebut selain pemberian rumah dinas, para ASN akan mendapatkan biaya pindah serta tunjangan kemahalan. Janji tersebut diungkapkan Jokowi saat memberikan sambutan di pembukaan rapat kerja nasional Korpri di Jakarta, Selasa (3/10/2023).

"Sudah disiapkan insentif, kalau gak ada ini (insentif), alot pasti, tapi kalau ada insentif pasti beda. Diberikan rumah dinas, rumah tapak, maupun apartemen, biaya pindah juga diberikan. Untuk suami istri plus anak, ada tunjangan kemahalan, termasuk fasilitas-fasilitas lainnya," ungkap Jokowi.

Jokowi mengenang nuansa berbeda ketika zaman dulu para ASN dengan sigap berkenan ditugaskan ke daerah luar, bahkan di luar Jawa. Jokowi menilai saat ini proses pemindahan ASN terasa lebih rumit. Menyikapi hal ini, Jokowi meminta para ASN bersikap seperti pionir.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengaku masih mendapatkan informasi mengenai para ASN yang berat hari untuk ikut pindah ke IKN. Jokowi mengingatkan Indonesia tak cuma pulau Jawa, tapi memiliki lebih dari 17 ribu pulau yang tersebar.