Logo Bloomberg Technoz

"Api yang muncul tidak sama sekali mengganggu aktivitas Bandara Kertajati," ujar Nuril. 

Dalam proses pemadaman, petugas gabungan didukung dua mobil pemadam dari Kabupaten Majalengka dan tim gabungan personel TNI, Polri, Satpol PP serta BPBD Majalengka. 

"Titik api muncul di tengah lahan kering di area pintu masuk Bandara Kertajati, yang jauh dari gedung terminal," ujarnya.

29 Oktober Pemindahan Semua Penerbangan

Pemindahan penerbangan domestik dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Kertajati diketahui akan dimulai pada 29 Oktober 2023.

“Dimulai pada awal periode Winter 2023 yaitu pada 29 Oktober 2023. Seluruh perizinan sudah selesai sejak akhir Agustus lalu," ujar Direktur Angkutan Udara Kemenhub, Putu Eka Cahyadi dalam keterangannya, akhir pekan lalu.

"Masyarakat sudah bisa melihat di berbagai agen perjalanan, tiket dari dan ke Bandara Kertajati sejak tanggal 29 Oktober sudah tersedia,” ujar Putu menegaskan.

Terkait dengan daftar rute perjalanan yang dipindahkan, adalah rute yang saat ini dilayani dengan pesawat Jet oleh maskapai: PT Citilink Indonesia, PT Indonesia AirAsia dan PT Super Air Jet. 

"Terdapat tujuh rute penerbangan dalam negeri yang dialihkan ke Bandara Kertajati yakni rute Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, dan Palembang dengan kapasitas tempat duduk sebesar total 32.760 penumpang per minggu," ujar Putu.

Sementara itu, rute Penerbangan Niaga Berjadwal Dalam Negeri yang masih dilayani dari Bandara Husein Sastranegara adalah pesawat propeller dari/ke Bandar udara Adisutjipto oleh Wings Air dengan pesawat ATR 72-600.

(ain)

No more pages