Logo Bloomberg Technoz

Data BMKG lewat pantauan satelit Himawari, citra sebaran asap wilayah Indonesia pada tiga hari tersebut menunjukkan terdapat deteksi asap di sejumlah wilayah di Sumatera dan Kalimantan.

Arah angin di Indonesia pada umumnya dari Tenggara ke Barat Laut-Timur Laut. Kementerian LHK mengatakan tidak terdeteksi adanya asap lintas batas. “Jadi jelas yah, keduanya menyatakan tidak ada asap lintas batas,” tegas Siti.

Meski demikian asap yang kini mulai tampak terakumulasi, tetap menjadi perhatikan Kementerian LHK. Pihaknya tengah bekerja melakukan pemadaman darat di Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Tim juga melakukan hal yang sama di beberapa daerah di Sumatera dan Kalimantan, termasuk sebagian juga di Jawa. “Pemadaman darat dan water bombing dilakukan, demikian pula Teknik Modifikasi Cuaca mulai dilakukan sejak kemarin [Minggu],” bunyi pernyataan Kementerian LHK.

Sampai dengan Senin, 203 perusahaan mendapatkan peringatan dan 20 perusahaan sudah disegel karena kebakaran. Salah satunya anak perusahaan Malaysia.

Untuk diketahui Kementerian Lingkungan Hidup Malaysia mengatakan, kabut asap lintas batas tersebut berasal dari kebakaran hutan di Sumatra bagian Selatan dan Kalimantan. Polusi udara pun sedang mencemari kawasan pantai barat Malaysia dan bagian Barat Sarawak di pulau Kalimantan.

(wep/ain)

No more pages