Logo Bloomberg Technoz

Menteri Siti Nurbaya Bantah Kabut Asap Malaysia Berasal dari RI

News
03 October 2023 10:50

Efek pandangan terbatas dari kabut asap hasil kebakaran lahan di Sumatera Selatan, Indonesia. (Dok: Bloomberg)
Efek pandangan terbatas dari kabut asap hasil kebakaran lahan di Sumatera Selatan, Indonesia. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya membantah pernyataan Malaysia bahwa kabut asap di negara itu berasal dari Indonesia. “Kita terus mengikuti perkembangan dan  tidak ada transboundary haze ke Malaysia,” kata dia dalam pernyataan resmi, dilansir, Selasa (3/10/2023).

Siti memaparkan laporan dari peta citra asap lintas batas. Bahwa laporan sandingan peta citra sebaran asap dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan The ASEAN Specialised Meteorological Centre (ASMC) tidak ada asap yang menyeberang.

Ditambahkan Siti, dari hasil pantauan ASMC, selama beberapa hari tersebut asap terpantau moderate hingga pekat di sejumlah wilayah di Sumatera dan Kalimantan. 

Pada hari Minggu mulai pekat di Kalimantan Tengah dan Sumatera Selatan, meski begitu, terpantau bahwa tidak terjadi asap lintas batas.

Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar. (Ibnu Affan/Bloomberg)

ASMC adalah program kolaborasi regional di antara National Meteorological Services (NMSs) negara-negara anggota ASEAN, di bawah Layanan Meteorologi Singapura, National Environment Agency of Singapore.