Logo Bloomberg Technoz

The Fed Dinilai Perlu Naikkan Suku Bunga Lagi Tahun Ini

News
03 October 2023 09:00

The Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)
The Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)

Jonnelle Marte - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Federal Reserve Bank Cleveland, Loretta Mester, mengatakan bank sentral AS atau The Fed kemungkinan perlu menaikkan suku bunga sekali lagi tahun ini. Bank sentral juga perlu menjaganya pada tingkat yang lebih tinggi untuk beberapa waktu guna mengembalikan inflasi ke target 2%. 

Namun, Mester mengatakan keputusan akhir akan tergantung pada perkembangan ekonomi. Dengan menunjukkan perlambatan di China, kemungkinan pemogokan panjang oleh anggota serikat United Auto Workers, dan potensi penutupan pemerintah (shutdown) sebagai risiko terhadap proyeksi inflasi dan pertumbuhan.

"Saya curiga kita mungkin perlu menaikkan suku bunga the Fed sekali lagi tahun ini dan kemudian menjaganya di sana untuk beberapa waktu, sambil kami mengumpulkan lebih banyak informasi tentang perkembangan ekonomi dan menilai efek dari ketatnya kondisi keuangan yang sudah terjadi," kata Mester pada hari Senin.

"Apakah suku bunga dana federal perlu naik lebih tinggi dari tingkat saat ini dan berapa lama kebijakan perlu tetap diperketat akan tergantung pada bagaimana perkembangan ekonomi berbanding dengan proyeksi," katanya dalam pidato yang disiapkan untuk acara yang diselenggarakan oleh 50 Club of Cleveland, sekelompok pemimpin bisnis dan pengacara.