Logo Bloomberg Technoz

Metode menggunakan multistage random sampling sebanyak 1200 orang yang berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional. Ukuran sampel 1200 responden dengan margin of error sekitar ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Dari hasil survei tersebut diketahui bahwa bakal capres Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas 37,4% lalu Prabowo Subianto 33% dan Anies Baswedan 21,5%. Sementara yang tidak tahu dan tidak menjawab yakni 8,2%.

Ganjar tampak unggul di kelompok perempuan dengan usia kurang dari 21 tahun, lebih dari 40 tahun, kalangan non-muslim, etnis Jawa, pendidikan menengah dan tinggi. Kemudian di kalangan wiraswasta, pengusaha, ibu rumah tangga, pelajar, pendapatan lebih dari 2 juta, warga di pedesaan, wilayah Jateng DIY, Jatim, dan Bali.

Prabowo tampak unggul di kelompok usia 22-25 tahun, etnis Sunda, di wilayah Banten, Jawa Barat dan Sulawesi. Anies Baswedan tampak unggul di kelompok etnis Betawi di wilayah DKI. Sementara di kelompok demografi dan wilayah lainnya tampak dukungan Prabowo dan Ganjar berimbang. Di Sumatera dukungan tampak terbagi merata Anies, Ganjar dan Prabowo.

(ezr)

No more pages