Logo Bloomberg Technoz

CEO Eni Sebut Temukan Ladang Gas Besar di Kalimantan Timur

News
02 October 2023 17:50

Ilustrasi gas alam (Bloomberg)
Ilustrasi gas alam (Bloomberg)

Bloomberg Technoz -- Salah satu perusahaan Minyak dan Gas (migas) asal Italia, Eni, berhasil menemukan cadangan gas di wilayah kerja (WK) North Ganal, Kalimantan Timur. Temuan cadangan gas itu diperkirakan memiliki potensi penyimpanan awal sebesar 5 triliun kaki kubik (TCF).

Hal itu disampaikan oleh Head of Regional and Far East Eni kepada Kepala Satuan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto dalam perhelatan ADIPEC di Abu Dhabi, Minggu (1/10/2023).

“Kami berharap penemuan cadangan gas di North Ganal oleh salah satu international oil company (IOC) akan mendorong lebih banyak IOC lainnya untuk masuk ke Indonesia," ujar Dwi dalam siaran resminya, Senin (2/10/2023).

Dengan perkiraan awal 'discovered resources sebesar kurang lebih 609 millions barrels of equivalent (MMBOE), penemuan ini diklaim sebagai satu dari tiga temuan besar eksplorasi dunia di 2023.

Dwi mengatakan, temuan tersebut bakal mampu meningkatkan secara signifikan cadangan gas untuk mendukung peningkatan target produksi migas nasional sebesar 1 juta barel per hari (BOPD) dan 12 miliar gas kaki kubik per hari (BSCFD).