Logo Bloomberg Technoz

Menhub: Proposal Disiapkan, Kereta Cepat Jakarta-Surabaya 3,5 Jam

Dovana Hasiana
02 October 2023 17:40

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Stasiun KCJB Halim, Senin (2/10/2023).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Stasiun KCJB Halim, Senin (2/10/2023).

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi buka suara mengenai rencana pengembangan kereta api cepat dari Jakarta ke Surabaya. Menurut Budi, saat ini telah ada rencana dasar pengembangan kereta cepat Jakarta menuju Surabaya. 

Kemenhub sebagai salah satu pemrakarsa pun mengaku tengah menyiapkan proposal yang nantinya akan diajukan untuk pembangunan tersebut.

Kendati demikian, keputusan pasti tentang pembangunan megaproyek tersebut tidak akan dilangsungkan pada pemerintahan Presiden Joko Widodo, melainkan pada pemerintahan yang akan datang. 

“Bayangkan ini cuma 25 menit sampai Padalarang, kalo sampai Surabaya 3,5 jam. Itu menjadi suatu obsesi kita. Kita akan melakukan kesempatan pada pemrakarsa, melakukan proposal. Lalu kami, kita membuat suatu proposal juga, nanti diajukan,” ujar Budi saat ditemui usai peresmian KA WHOOSH di Stasiun Halim, Senin (2/10/2023). 

“Bahwa nanti diputuskan oleh pemerintahan yang akan datang ya monggo, tapi kita sudah meletakkan dasar-dasar dan rencana ke depan seperti itu,” lanjutnya.