Logo Bloomberg Technoz

'Aroma Tak Sedap' Kereta Cepat WHOOSH yang Resmi Meluncur

Ruisa Khoiriyah
02 October 2023 15:05

Kereta cepat Jakarta Bandung WHOOSH dibayangi banyak kontroversi /Bloomberg Technoz-Dovana Hasiana
Kereta cepat Jakarta Bandung WHOOSH dibayangi banyak kontroversi /Bloomberg Technoz-Dovana Hasiana

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hari ini Presiden Joko Widodo meresmikan operasional kereta cepat Jakarta-Bandung (KJCB) yang bernama WHOOSH. 

Di balik gegap gempita WHOOSH yang muncul sebagai kereta cepat pertama di Asia Tenggara itu, berderet kontroversi membayangi proyek yang menjadi hasil kerjasama Indonesia dengan China itu. 

Laporan dari Transparency International beberapa waktu lalu menyebut KCJB sebagai salah satu proyek infrastruktur strategis pemerintahan Jokowi (PSN) yang memiliki indikasi risiko korupsi sangat tinggi.

Hasil kajian Penilaian Risiko Korupsi Infrastruktur Indonesia (Infrastructure Corruption Risk Assesment Tool/ICRAT) yang dilakukan oleh Transparency International Indonesia bekerja sama dengan Transparency International Australia sejak Mei 2023, mengungkapkan, ada indikasi adanya state capture corruption dalam pengambilan keputusan proyek KCJB tersebut.

Pertama, patut diduga beberapa pejabat melibatkan kepentingan pribadinya dengan mengusahakan agar proyek ini terus dibangun.