Logo Bloomberg Technoz

"Saya sepenuhnya berharap Ketua DPR menepati komitmennya untuk mengamankan pengesahan dan dukungan yang diperlukan membantu Ukraina saat mereka membela diri dari agresi dan kebrutalan,” kata Biden pada Minggu di Gedung Putih.

“Ada banyak sekali Republikan dan Demokrat di DPR dan Senat yang mendukung Ukraina. Mari kita voting.”

Pada Sabtu lalu, Kongres mengesahkan pendanaan pemerintah AS hingga 17 November dengan dana bencana sebesar US$16 miliar. Namun, bantuan US$6 miliar untuk Ukraina tidak disahkan.

Presiden AS Joe Biden (Stefani Reynolds/Bloomberg)

Ditanya apa yang akan dia katakan kepada Zelenskiy dan sekutu Ukraina lainnya, Biden berkata, “Saya dapat meyakinkan mereka. Kami akan menyelesaikannya.”

Josep Borrell, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, menyebut mandeknya bantuan untuk Ukraina sebagai “keputusan yang harus disesali.”

Namun seruan Biden agar Kongres memberikan pendanaan secara terpisah memberikan  harapan bahwa ini tidak akan menjadi keputusan yang definitif dan Ukraina akan terus mendapat dukungan dari AS.

Para pemimpin Senat mengatakan mereka akan bekerja untuk bantuan itu. “Dalam beberapa minggu mendatang, kami berharap Senat akan bekerja untuk memastikan pemerintah AS terus memberikan dukungan keamanan dan ekonomi yang penting dan berkelanjutan untuk Ukraina,” kata Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer dalam pernyataan bersama pada Sabtu dengan Pemimpin Partai Republik di Senat Mitch McConnell.

— Dengan asistensi Daryna Krasnolutska.

(bbn)

No more pages