Logo Bloomberg Technoz

Dalam sebuah pidato di Universitas Columbia pada tahun 2014, Lagarde mendeskripsikan ekonomi menetes ke bawah sebagai mitos yang berbahaya. Sementara dalam pidatonya di World Economics Forum pada 2015, dia menyebut konsep tersebut merupakan sebuah teori cacat.

"[Ekonomi menetes ke bawah] adalah teori cacat yang telah terbukti salah berkali-kali," ujar Lagarde.

Joe Biden

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden juga pernah mengkritisi konsep ekonomi menetes ke bawah melalui akun X miliknya. Dia menyebut konsep tersebut tidak pernah berhasil.

"Saya muak dan bosan dengan perekonomian menetes ke bawah. Konsep itu tidak pernah berhasil. Kita membangun perekonomian dari bawah ke atas dan menengah keluar," tulis Biden pada akunnya.

Paul Krugman

Paul Krugman adalah seorang ekonom dan pemenang Hadiah Nobel, yang juga telah mengkritik konsep trickle down economy. Krugman berpendapat bahwa konsep ini tidak memiliki dasar ilmiah dan telah terbukti tidak efektif dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Krugman berpendapat bahwa ekonomi menetes ke bawah pada dasarnya memiliki kelemahan dan tidak memberikan manfaat yang diharapkan bagi masyarakat luas. Dia mengkritik pemotongan pajak bagi masyarakat kaya, dan berpendapat manfaat pemotongan pajak itu cenderug hanya memberikan manfaat bagi masyarakat kaya itu sendiri.

Barack Obama

Mantan Presiden AS Barrack Obama juga pernah mengkritik konsep ekonomi menetes ke bawah saat berpidato di sebuah acara di Cleveland pada 2015. Kala itu dia mengkritik usulan Partai Republik yang ingin memotong lebih banyak pajak orang-orang kaya.

"Kenyataan telah memberikan penilaiannya. Ekonomi mentes ke bawah tidak berhasil," ungkapnya kala itu.

(del/ggq)

No more pages