Logo Bloomberg Technoz

Daftar 12 Kapal & Rute Baru Usai ASDP Terima PMN Senilai Rp388 M

Angga Indrawan
02 October 2023 14:20

Ilustrasi Pelabuhan (bumn.go.id)
Ilustrasi Pelabuhan (bumn.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi XI DPR RI menyetujui pelaksanaan Penyertaan Modal Negara (PMN) nontunai untuk PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berupa Barang Milik Negara (BMN) sejumlah 12 unit kapal penumpang. Total PMN berada di angka Rp388 miliar.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi PMN ini bakal mempertahankan tingkat jasa pelayanan ASDP serta melakukan konsolidasi melalui restrukturasi dan reformasi di bidang sarana dan prasarana perhubungan, khususnya jasa penyeberangan. 

“Serta mengurangi beban pengeluaran keuangan negara yang bersumber dari APBN untuk biaya pemeliharaan kapal,” ujar Ira dalam keterangannya, Minggu (1/10/2023).

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Fathan dalam kesimpulan rapat Komisi XI DPR juga menyatakan pemberian PMN bertujuan untuk melayani masyarakat, dan signifikansi peningkatan struktur permodalan dan kapasitas usaha perusahaan.

“Komisi XI DPR menyetujui pelaksanaan PMN Non-Tunai TA 2023 berupa Barang Milik Negara sejumlah 12 unit kapal penumpang dengan nilai wajar sebesar Rp388.564.810.000 kepada ASDP yang bertujuan untuk pelayanan masyarakat, meningkatkan struktur permodalan, dan kapasitas usaha perusahaan,” tukasnya.