Logo Bloomberg Technoz

WHO: Indonesia Berhasil Terapkan Kebijakan Bebas Rokok di Kampus

Septiana Ledysia
02 October 2023 10:35

Logo World Health Organization (WHO). ( Stefan Wermuth/Bloomberg)
Logo World Health Organization (WHO). ( Stefan Wermuth/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membagikan empat cara untuk mendorong lingkungan tanpa nikotin di sekolah ataupun kampus. Lembaga itu menganggap Indonesia berhasil menciptakan lingkungan kampus bebas tembakau dan nikotin. 

Seperti yang dilansir dari situs WHO, panduan ini adalah panduan langkah demi langkah bagi sekolah untuk menciptakan lingkungan tanpa nikotin dan tembakau. Ada empat cara yang harus dilakukan.

Pertama, melarang nikotin dan tembakau di lingkungan sekolah. Kedua, melarang penjualan produk nikotin dan tembakau di dekat sekolah.

Ketiga, melarang iklan langsung dan tidak langsung serta promosi produk nikotin dan tembakau di dekat sekolah. Keempat, menolak sponsor atau keterlibatan dengan industri tembakau dan nikotin.

WHO juga menyorot beberapa negara lainnya selain Indonesua yang dianggap berhasil mengimplementasikan kebijakan yang mendukung lingkungan kampus bebas tembakau dan nikotin. Negara-negara tersebut adalah India, Indonesia, Irlandia, Kirgistan, Maroko, Qatar, Suriah, Arab Saudi, dan Ukraina.