Logo Bloomberg Technoz

Resmi Meluncur, Ini Filosofi Nama dan Logo KA Cepat WHOOSH

Dovana Hasiana
02 October 2023 10:04

Logo kereta cepat Jakarta-Bandung WHOOSH./Bloomberg Technoz-Dovana Hasiana
Logo kereta cepat Jakarta-Bandung WHOOSH./Bloomberg Technoz-Dovana Hasiana

Bloomberg Technoz, Jakarta –  Kereta Cepat Jakarta—Bandung (KCJB) atau WHOOSH akhirnya diresmikan hari ini, Senin (2/10/2023) oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Nama WHOOSH sendiri, menurut penjelasan Jokowi, mewakilkan suara lesatan kereta cepat, serta identitas visual yang dirancang secara lugas agar mudah dipahami oleh publik. 

“KCJB ini merupakan KA cepat pertama di Indonesia dan Asia, dengan kecepatan 350 km/jam, dan kita namakan ‘WHOOSH’ dibaca ‘wussh’. [Nama ini terinspirasi] dari suara melesat kereta cepat. Singkatan dari ‘Waktu Hemat Operasi Optimal Sistem Hebat’,” ujar Jokowi dalam pidato pembukaannya.

Dikutip dari situs jejaring Jenama Kereta Api Cepat, nama WHOOSH juga merefleksikan dampak kehadiran kereta cepat terhadap perubahan, percepatan, pertumbuhan, dan pencapaian di berbagai aspek kehidupan, ekonomi, serta budaya pada setiap lapisan masyarakat.

Secara garis besar, konsep ini menggambarkan efek empasan dari cepatnya laju kereta yang membentuk huruf W sebagai logogram. Selain mewakili nama WHOOSH, logogram ini secara langsung menyimbolkan dampak lesatan kereta cepat yang luar biasa di benak publik.