Logo Bloomberg Technoz

Luhut: KA Cepat WHOOSH Gratis Sampai Pertengahan Oktober

Dovana Hasiana
02 October 2023 09:48

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat peresmian KA Cepat Jakarta-Bandung atau WHOOSH, Senin (2/10/2023. (Tangkapan Layar)
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat peresmian KA Cepat Jakarta-Bandung atau WHOOSH, Senin (2/10/2023. (Tangkapan Layar)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kereta Cepat Jakarta—Bandung (KCJB) atau WHOOSH akhirnya diresmikan hari ini, Senin (2/10/2023). Peresmian dilakukan Presiden Joko Widodo bersama jajaran menteri kabinetnya.

Dalam acara tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan selama 3 pekan sejak diujicobakan kepada publik, antusiasme masyarakat terhadap WHOOSH sangat tinggi.

“Berkat tingginya rasa penasaran masyarakat terhadap uji coba KCJB, maka kami sepakat hingga pertengahan Oktober, pengoperasian KCJB masih tidak dikenakan biaya atau gratis,” tegasnya.

Bagaimanapun, dia tidak menampik pada awalnya banyak kalangan yang pesimistis proyek kereta cepat kerja sama RI-China tersebut bisa diselesaikan.

“Terus terang sejak kami menerima penugasan dari Bapak Presiden untuk melanjutkan proyek KCJB pada akhir 2019, ada banyak masalah dan kendala yang kami temukan. Dimulai dari masalah klasik mengenai pembebasan lahan, koordinasi yang belum baik, dan kesulitan pendanaan akibat Covid-19. Tentu tidak heran, banyak pihak yang pesimistis proyek ini bisa diselesaikan,” ujarnya.