Logo Bloomberg Technoz

KA Cepat WHOOSH Diresmikan, Jokowi Akui Banyak Ketidaksempurnaan

Dovana Hasiana
02 October 2023 09:26

Presiden Jokowi Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Jakarta, 2 Oktober 2023. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Presiden Jokowi Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Jakarta, 2 Oktober 2023. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kereta Cepat Jakarta—Bandung (KCJB) atau WHOOSH akhirnya diresmikan Presiden Joko Widodo hari ini, Senin (2/10/2023).

Dalam pidato peresmiannya, Kepala Negara menyebut proyek kereta cepat yang sempat mengalami beberapa kali penundaan peresmian tersebut merupakan refleksi dari modernisasi transportasi massal di Indonesia.

“KCJB ini merupakan KA cepat pertama di Indonesia dan Asia, dengan kecepatan 350 km/jam, dan kita namakan ‘WHOOSH’ dibaca ‘wussh’. [Nama ini terinspirasi] dari suara melesat kereta cepat. Singkatan dari ‘Waktu Hemat Operasi Optimal Sistem Hebat’,” ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan kereta cepat WHOOSH lebih ramah lingkungan dan sudah terintegrasi dengan moda transportasi lainnya, maupun dengan areal transit oriented development (TOD).

“Dan proyek KA cepat [adalah] hal baru bagi kita. MRT juga hal baru, LRT juga hal baru. KA cepat [menggunakan] teknologi baru, kecepatannya dan juga konstruksinya baru, juga model pembiayaannya semua serba baru dan kita tdk boleh takut belajar dan coba hal-hal baru,” tegasnya.