Logo Bloomberg Technoz

"Nanti kalau mau diskon [PT Kereta Cepat Indonesia China-KCIC] ya. Karena ini swasta," kata Budi Karya di JCC, Jumat (29/9/2023).

Adapun, KCJB memiliki 4 stasiun, yakni Halim, Karawang, Padalarang dan Tegalluar. Berbagai akses menuju stasiun tersebut terus ditingkatkan karena lokasinya yang tidak berada di pusat-pusat kota.

Akses calon penumpang KA Cepat Whoosh menuju Stasiun Halim Jakarta semakin mudah. Ini setelah dilakukannya uji coba rute baru Transjakarta menuju Stasiun Halim dengan rute Cawang—Jalan Mayjen Sutoyo—Jalan D.I Panjaitan—Stasiun Halim dengan jam operasional mulai pukul 06.00 hingga 16.00 WIB.

Selain Transjakarta, Stasiun Halim juga saat ini sudah terkoneksi dengan stasiun LRT Jabodebek. Bukan hanya itu, Stasiun Halim dapat diakses melalui jalan DI Panjaitan sebagai akses utama dan Exit Tol Japek KM 1+850. Seluruh akses strategis tersebut akan menghubungkan KA Cepat Whoosh dengan kawasan publik.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan kementerian masih akan terus menyempurnakan proses integrasi dan akses KCJB. Namun, Stasiun Padalarang merupakan stasiun di Jawa Barat yang tengah menjadi prioritas untuk pembangunan akses dan integrasi menuju ke Kota Bandung.

“Semua sedang disiapkan.  Memang nanti prioritas ada di Padalarang dahulu ya, sambil paralel di Tegalluar juga kita selesaikan permasalahan aksesnya."

“Sekarang Padalarang (jadi prioritas) ya, Padalarang kan sudah siap ya feeder-nya. Jadi kita prioritaskan yang di situ dulu karena dari situ sudah bisa masuk ke kota Bandung,” lanjutnya.

Saat ini, Stasiun Padalarang memiliki KA Feeder dan KA Lokal yang beroperasi dari Padalarang ke Bandung.

(dov/wdh)

No more pages