Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Akan Resmikan Whoosh, Operasional Layanan Naik Bertahap

Pramesti Regita Cindy
01 October 2023 19:00

Kelas 1 atau Bisnis Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) KCIC. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Kelas 1 atau Bisnis Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) KCIC. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pastikan izin untuk operasi sarana kereta cepat Jakarta-Bandung (JKCB) atau Whoosh telah dikeluarkan. Penerbitan izin ini dilakukan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 114 Tahun 2023 tentang Izin Operasi Sarana Perkeretaapian Umum PT Kereta Api Cepat Indonesia-China, Selasa (26/9/2023). 

Dengan keluarnya izin tersebut, KJBC sudah dapat memenuhi aspek kelaikan operasional kereta cepat. Peresmiannya akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada esok hari, Senin (2/10/2023). "Seluruh komponen pengujian dan sertifikasi telah dilaksanakan sehingga surat izin operasi ini dapat diterbitkan dan operasi komersial KCJB dapat segera dilakukan," kata Budi dalam keterangan resminya, Minggu (01/10/2023). 

Budi menambahkan, operasional KCJB akan dilakukan secara bertahap untuk terus dilakukan evaluasi sampai dengan skenario ultimate hingga 68 perjalanan kereta per hari. Selain skenario tersebut, untuk mempermudah penumpang mencapai tujuan, Budi menyebut telah disiapkan juga KA Feeder dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung. 

"Operasional secara bertahap ini dilakukan untuk memberi ruang kepada operator agar dapat menyesuaikan diri dan memaksimalkan pelayanan," jelas Budi. 

"Semoga KCJB dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum dan membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi bangsa," sambung Budi.