Logo Bloomberg Technoz

"Ada 250 anggota DPRD, 133 bupati atau wali kota, 18 gubernur, 83 anggota DPR, dan 12 Menteri," kata Ali Fikri.

Siapa saja para menteri yang menjadi tersangka korupsi di KPK?

Rokhmin Dahuri

Dia adalah Menteri Kelautan dan Perikanan pada era pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri. KPK menemukan bukti Rokhmin terlibat dalam korupsi dana nonbudgeter di Departemen Kelautan dan Perikanan senilai Rp31,7 miliar. 

Achmad Sujudi 

Dia juga merupakan anggota Kabinet Gotong Royong pimpinan Megawati dan Hamzah Haz. Menteri Kesehatan ini terbukti melakukan korupsi dalam proyek pengadaan alat kesehatan untuk 32 rumah sakit di Indonesia Bagian Timur, pada 2003.

Hari Sabarno

Dia adalah menteri ketiga dari daftar anak buah Megawati yang masuk penjara karena kasus korupsi. KPK saat itu menemukan bukti bahwa Menteri Dalam Negeri tersebut melakukan korupsi dalam proyek pengadaan 208 mobil pemadam kebakaran untuk 22 wilayah di Indonesia, pada 2003-2005. Sebagai menteri, dia diduga melakukan penunjukkan langsung pada dua perusahaan yang menyebabkan kerugian negara hingga Rp97,2 miliar.

Bachtiar Chamsyah

Dia adalah menteri pertama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang dijerat KPK dalam kasus korupsi. Menteri Sosial ini terbukti melakukan korupsi dengan menyetujui penunjukan langsung pengadaan mesin jahit, sapi impor, dan kain sarung yang merugikan negara hingga Rp 33,7 miliar. 

Siti Fadilah Supari

Menteri Kesehatan pada Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid I ini harus mendekam di penjara usai KPK menemukan bukti adanya praktek korupsi dalam pengadaan alat kesehatan (alkes) guna mengantisipasi kejadian luar biasa (KLB) , pada 2005. 

Andi Mallarangeng

Kasus yang menjerat Menteri Pemuda dan Olahraga ini sangat fenomenal karena turut menyeret banyak politikus Partai Demokrat -- partai pemerintah. Anggota KIB Jilid II ini terbukti turut terlibat dalam mega korupsi proyek pembangunan Pusat Pendidikan, Pelatihan, Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang atau Wisma Hambalang.

Jero Wacik

Anggota KIB Jilid II ini terbukti melakukan korupsi dengan menyalahgunakan dana operasional untuk kepentingan pribadi, keluarga, dan kerabat. Praktek korupsi ini dilakukan saat dia menjabat Menteri ESDM dan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata. Dana operasional menteri ini tercatat untuk jalan-jalan dengan keluarga, pijat refleksi, hingga membeli bunga.

Suryadharma Ali

Anak buah Presiden SBY ini melakukan korupsi yang sangat menyita perhatian masyarakat. Sebagai Menteri Agama, Politikus PPP ini melakukan korupsi dengan menyelewengkan jatah dan dana penyelenggaraan haji pada 2012-2013.

Idrus Marham

Sekjen Partai Golkar yang menjadi anak buah pertama Presiden Jokowi yang menjadi tersangka kasus korupsi di KPK. Menteri Sosial tersebut diduga menerima suap untuk memperlancar proyek PLTU Riau 1.  

Imam Nahrawi

Sekali lagi menteri Pemuda dan Olahraga menjadi tersangka kasus korupsi. Kali ini Menpora dari Kabinet Kerja terbukti menerima suap terkait pengurusan proposal dana hibah KONI dan gratifikasi dari sejumlah pihak. 

Edhy Prabowo

Menteri Kelautan dan Perikanan ini terbukti menerima suap terkait pengurusan izin budi daya lobster dan ekspor benih benur lobster (BBL). Dia terbukti menerima suap hingga Rp25,7 miliar dari para eksportir benih benur lobster. 

Juliari Batubara

Menteri Sosial dan politikus PDIP ini melakukan korupsi saat masyarakat berada di bawah ancaman pandemi Covid-19. Dia terbukti menerima suap dalam pengadaan paket bansos Covid-19 wilayah Jabodetabek 2020 sebesar Rp 32,48 miliar.

(frg)

No more pages