Logo Bloomberg Technoz

Perputaran Dana Cepat UMKM, Penarikan Dana di Shopee Jadi Kunci


Ist
Ist

Jakarta - Bagi UMKM lokal yang merintis bisnis dengan modal minim, e-commerce dengan jangkauan pasar luas menjadi ‘jalan tol’ untuk meraih kesuksesan. Agung dan Fatatul, pasangan suami-istri asal Kabupaten Malang ini contohnya.

Mereka berhasil mengukir kisah perjalanan bisnis yang menarik dari berjualan hijab secara online di e-commerce. Bermodalkan sisa kebutuhan bayi yang dijual di Shopee, Agung dan Fatatul kini bisa meraup cuan hingga ratusan juta rupiah per bulan.

Bisnis online mereka secara resmi dimulai pada tahun 2016 saat sang istri, Fatatul sedang mengandung anak pertama. Mereka memutuskan untuk membeli barang-barang kebutuhan bayi sendiri dan ketika ada sisa barang, mereka memutuskan untuk menjualnya secara online melalui Shopee dengan toko yang diberi nama Ummababyshop.

“Istri saya lagi hamil 4 bulan waktu itu, dan kita beli perlengkapan bayi senilai 1,5 juta. Ternyata, dari barang-barang yang kita beli itu banyak yang tidak terpakai. Dari situ kita inisiatif untuk jual saja online, kebetulan teman saya rekomendasikan Shopee, karena banyak yang akan beli karena jangkauannya luas katanya. Hasil jualan itu kami jadikan modal untuk mulai usaha selanjutnya,” jelas Agung.

Keputusan Agung dan Fatatul untuk berjualan di Shopee, ternyata membawa perubahan positif dalam bisnis mereka. Tidak disangka-sangka, dari berjualan sisa barang kebutuhan bayi yang tidak digunakan, usaha pasangan suami istri ini mampu berkembang dengan pesat.