Logo Bloomberg Technoz

LHKPN Menteri SYL Hanya Naik Rp90 Juta Sejak Dilantik Jokowi

Fransisco Rosarians Enga Geken
30 September 2023 08:00

Mentan Syahrul Yasin Limpo usai dimintai keterangan olehn KPK di Gedung ACLC KPK, Jakarta,Senin (19/6/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Mentan Syahrul Yasin Limpo usai dimintai keterangan olehn KPK di Gedung ACLC KPK, Jakarta,Senin (19/6/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mendapat sorotan usai kabar dirinya menjadi salah satu dari tiga pejabat Kementerian Pertanian yang menjadi tersangka di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dalam kasus ini, KPK mendapat laporan masyarakat tentang adanya kewajiban 'saweran' pada pejabat kementan untuk SYL.

Lembaga antirasuah tersebut bahkan sudah menggeledah dan menyita barang bukti dari rumah dinas dan kantor Menteri SYL. Ada uang tunai puluhan milyar dalam bentuk mata uang rupiah dan asing.

Meski demikian, Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Syahrul tak mengalami perubahan signifikan sejak dilantik sebagai Menteri Pertanian, Oktober 2019. Harta SYL tercatat hanya bertambah sekitar Rp92,5 juta.

Pada LHKPN 2019, Syahrul mencatatkan harta berupa lahan dan bangunan pada 17 lokasi dengan nilai Rp11,4 miliar. Dia juga memaparkan punya harta kekayaan berupa kendaraan sebanyak 7 unit senilai Rp1,47 miliar. Selain itu, dia juga mengaku punya harta bergerak lainnya senilai Rp957,4 juta; serta kas dan setara kas senilai Rp6,11 miliar.

Sedangkan pada LHKPN 2022, harta berupa lahan dan bangunan Syahrul berkurang satu unit senilai Rp100 juta. Hal ini membuat akumulai nilai 16 lahan dan bangunan menjadi Rp11,3 miliar. Dia hanya mengalami peningkatan pada total harta bergerak lainnya yang menjadi Rp1,14 miliar atau naik Rp192 juta.