Logo Bloomberg Technoz

Kemenperin: Pasar Tekstil Domestik Didominasi Produk Impor

Dovana Hasiana
29 September 2023 20:00

Ilustrasi produk tekstil. (SeongJoon Cho/Bloomberg)
Ilustrasi produk tekstil. (SeongJoon Cho/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perindustrian merilis data Indeks Kepercayaan Industri (IKI) September 2023. Pada IKI September 2023, disampaikan bahwa industri tekstil dan produk tekstil (TPT) merupakan salah satu subsektor yang masih mengalami kontraksi. 

Juru Bicara Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Febri Hendri Antoni Arif mengatakan, Kemenperin melihat bahwa produk tekstil di pasar Indonesia didominasi oleh produk-produk impor, baik produk impor yang berada di Kawasan Berikat yang tidak terserap oleh pasar ekspor maupun produk dari luar negeri. 

“Kami melihat bahwa banyak produk tekstil di pasar domestik Indonesia adalah produk-produk impor, yang kami lihat banyak dari produk tersebut berasal dari produk ekspor yang tidak terserap dari pasar luar negeri,” ujar Febri dalam Rilis IKI September 2023 yang disiarkan secara virtual, Jumat (29/9/2023). 

Febri mencontohkan, terdapat industri di Kawasan Berikat yang merupakan tempat untuk menimbun barang impor dan/atau barang yang berasal dari tempat lain dalam daerah pabean untuk diolah atau digabungkan yang hasilnya terutama untuk diekspor. Kendati demikian, pasar ekspor yang masih melempem menyebabkan banyak produk tersebut tidak terserap oleh pasar luar negeri. 

Apalagi, Febri melanjutkan, terdapat peraturan menteri keuangan yang menyatakan bahwa produk ekspor yang tidak terserap oleh pasar luar negeri bisa dijual di pasar domestik.