Logo Bloomberg Technoz

Kiprah SYL, Putera Sulsel Jadi Menteri hingga Rumah Digeledah KPK

News
29 September 2023 18:50

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Dok. Kementerian Pertanian)
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Dok. Kementerian Pertanian)

Bloomberg Technoz, JakartaKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan telah  menetapkan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo atau SYL sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian. 

Syahrul adalah seorang politikus Partai NasDem besutan Surya Paloh. Ia menjabat sebagai Menteri Pertanian Republik Indonesia sejak 23 Oktober 2019. Ia sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan selama dua periode, yaitu dari tahun 2008 hingga 2018.

Dihimpun dari berbagai sumber, Syahrul lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, pada tanggal 16 Maret 1955. Ia merupakan putra dari pasangan H. M. Yasin Limpo dan Hj. Nurhayati Yasin Limpo. Syahrul menempuh pendidikan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Makassar, SMP Negeri 1 Makassar, dan SMA Negeri 1 Makassar.

Setelah lulus SMA, Syahrul melanjutkan pendidikannya di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Makassar. Ia lulus dari Universitas Hasanuddin pada tahun 1982 dengan gelar Sarjana Hukum.

Syahrul mengawali karier politiknya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan pada tahun 1987. Ia menjabat sebagai Ketua DPRD Sulawesi Selatan dari tahun 1999 hingga 2004.