Logo Bloomberg Technoz

1. Bagaimana soal kasus penipuan Trump?

Dalam apa yang mungkin merupakan ancaman terbesar terhadap kekayaan mantan presiden dan juga citranya sebagai pengusaha sukses, Jaksa Agung New York, Letitia James, mengajukan gugatan perdata terhadap Donald Trump dan dua putranya pada bulan September 2022. 

Dia menuduh mereka beserta perusahaan properti mereka melakukan manipulasi nilai aset selama bertahun-tahun untuk menipu bank dan perusahaan asuransi. James meminta pengembalian sebesar US$250 juta dalam keuntungan yang diduga diperoleh secara tidak sah, dan larangan permanen bagi anggota keluarga tersebut untuk berbisnis di New York.

Dalam putusan pra-persidangan pada 26 September, hakim Arthur Engoron memutuskan bahwa Trump telah melakukan penipuan dengan membesar-besarkan nilai dari banyak asetnya. Hakim tersebut memberi wewenang kepada James untuk membatalkan sertifikat perusahaan yang mengendalikan aset-aset tersebut.

2. Apa saja tuduhan di Georgia?

Tuduhan utama dalam dakwaan tanggal 14 Agustus terhadap Trump adalah tindak pidana pemerasan — pada dasarnya, bekerja dengan jaringan terdakwa dalam melakukan serangkaian kejahatan untuk mendukung tujuan bersama. Menurut hukum versi Georgia, tindak pemerasan membawa hukuman minimal lima tahun penjara dan maksimum 20 tahun. 

Trump dan 18 terdakwa lainnya, termasuk mantan Wali Kota New York Rudolph Giuliani, dituduh berkonspirasi untuk secara tidak sah mengubah hasil pemilihan presiden di Georgia agar menguntungkan Trump. Para pengacara Trump menyebut dakwaan tersebut "cacat dan tidak konstitusional."

3. Apa saja tuduhan terkait pemilu AS sebelumnya?

Dalam sebuah dakwaan yang diajukan ke pengadilan federal di Washington pada tanggal 1 Agustus, Trump didakwa melakukan tiga konspirasi kriminal untuk menggagalkan pemilihan tahun 2020. 

Dia dituduh mencoba menggagalkan penghitungan suara dan sertifikasi hasil pemilihan, dengan menghalangi penyelidikan kongres tentang serangan di Gedung Capitol AS pada 6 Januari 2021 ketika Kongres melakukan sertifikasi tersebut. Dia juga berkonspirasi melawan hak rakyat untuk memilih dan menghitung suara mereka. 

Dakwaan ini berasal dari kantor Penyelidik Khusus John L. "Jack" Smith dan dapat dikenakan hukuman hingga 20 tahun penjara. Komite DPR yang dipimpin oleh Demokrat yang menyelidiki kerusuhan di Capitol, telah merekomendasikan kepada Departemen Kehakiman untuk mendakwa Trump atas pemberontakan. Namun, rujukan pidana semacam itu dari Kongres tidak memiliki bobot hukum sendiri, dan dakwaan pemberontakan tidak termasuk dalam dakwaan tersebut.

4. Apa yang Trump katakan tentang insiden 6 Januari?

Trump telah membela dirinya seputar pemilu tahun 2020 dengan berulang kali membuat klaim yang telah kemudian terbantahkan bahwa pemilihan tersebut telah direkayasa untuk melawan dirinya. Dan bahwa penerusnya, Joe Biden, diuntungkan dari jutaan suara ilegal. 

Dia berpendapat bahwa pemberontakan pada 6 Januari bukan kesalahannya. Dia menyalahkan Ketua DPR saat itu, Nancy Pelosi, dan anggota Partai Demokrat lainnya atas dugaan kegagalan dalam keamanan. Trump juga mengatakan bahwa unjuk rasa sebelum serangan itu berlangsung damai meskipun dia mendorong pengikutnya untuk "berjuang sekuat tenaga." 

Trump juga telah mengusulkan bahwa jika dia terpilih kembali, dia akan memberi grasi kepada ratusan individu yang mungkin diadili atas kejahatan terkait serangan itu, yang mengakibatkan cedera lebih dari 140 petugas polisi dan kerugian miliaran dolar.

5. Apakah Trump masih bisa mencalonkan diri sebagai presiden?

Konstitusi AS, yang menetapkan kualifikasi untuk menjadi presiden, tidak secara khusus menghalangi Trump mencalonkan diri atau menjabat sebagai presiden saat ini. Meskipun dia menghadapi dakwaan atau menjalani hukuman atas kejahatan yang saat ini dituduhkan padanya. Namun, penuntutan aktif atau hukuman penjara akan menimbulkan berbagai masalah praktis dan politis.

Amandemen ke-14 Konstitusi AS, yang diberlakukan setelah Perang Saudara, berisi ketentuan bahwa seseorang tidak dapat menduduki kursi di Kongres atau "jabatan apa pun, baik sipil atau militer," jika mereka terlibat dalam pemberontakan.

6. Siapakah penasihat khusus Jack Smith?

John L. "Jack" Smith adalah mantan kepala bagian integritas publik Departemen Kehakiman AS. Dia merupakan orang yang ditunjuk sebagai penasihat khusus untuk mengawasi penyelidikan atas dugaan kesalahan penanganan dokumen rahasia oleh Trump, serta peran apa pun yang mungkin dilakukan mantan presiden dan orang-orang di sekitarnya dalam pemberontakan di Capitol. 

Smith telah menghabiskan tiga dekade dalam penuntutan korupsi pejabat, kebrutalan polisi, dan kejahatan kekerasan. Selain itu, Smith juga pernah memimpin penyelidikan kasus genosida dan kejahatan perang di Pengadilan Pidana Internasional.

7. Apa saja tuduhan terhadap Trump terkait informasi rahasia?

Kasus ini bermula dari keputusan Trump untuk memindahkan puluhan kotak dokumen Gedung Putih ke propertinya di Mar-a-Lago, Florida, setelah dia tak menjabat. Banyak di antaranya berisi catatan pemerintah yang sangat rahasia. Dakwaan federal yang diajukan di Pengadilan Distrik AS di Miami menuduh Trump gagal mematuhi panggilan untuk mengembalikan semua dokumen rahasia itu, dan kemudian berkonspirasi dengan orang lain untuk menyembunyikannya. 

Dakwaan lengkap, setelah revisi, mencakup 42 dakwaan. Termasuk dengan sengaja menyimpan informasi pertahanan nasional, konspirasi untuk menghalangi keadilan, dan membuat pernyataan palsu. Jika dinyatakan bersalah atas menghalangi keadilan, Trump bisa menghadapi hukuman hingga 20 tahun penjara. Trump mengklaim tidak bersalah dalam postingan di platform Truth Social miliknya. Kampanye presidensialnya menyebut dakwaan tersebut sebagai "tindakan 'perang' hukum terbuka."

8. Apa saja dakwaan yang terkait dengan pencatatan bisnis?

Trump juga dihadapkan pada 34 dakwaan pidana pemalsuan catatan bisnis dalam sebuah kasus yang diajukan oleh Kantor Jaksa Distrik Manhattan Alvin Bragg. Dia dituduh menyembunyikan pembayaran pada malam pemilu 2016 kepada aktris film porno Stormy Daniels, yang dimaksudkan agar dia tidak mempublikasikan klaimnya tentang hubungan seksual dengan Trump. Trump membantah pernah memiliki hubungan dengan Daniels dan menyatakan tidak bersalah pada tanggal 4 April.

Dakwaan terhadap mantan presiden AS Donald Trump. (Sumber: Bloomberg)

9. Kasus apa yang melibatkan bisnis keluarga Trump?

Pada tanggal 6 Desember, dua unit bisnis keluarganya, Trump Organization, dinyatakan bersalah dalam skema penghindaran pajak selama 13 tahun. Juri di Manhattan memutuskan dua unit tersebut bersalah atas seluruh 17 dakwaan, termasuk skema penipuan, konspirasi, penipuan pajak kriminal, dan pemalsuan catatan bisnis. 

Trump sendiri tidak diadili. Dua perusahaan tersebut dikenai denda sebesar US$1,6 juta. Dengan catatan pidana tersebut, Trump Organization dapat dilarang untuk melakukan kontrak lebih lanjut dengan lembaga pemerintah dan mungkin menghadapi kesulitan dalam berbisnis dengan bank-bank. Pengacara untuk kedua unit tersebut mengatakan bahwa mereka akan mengajukan banding.

10. Bagaimana posisi kasus-kasus perdata lainnya?

- Dalam sebuah kasus yang diajukan oleh kolumnis penasihat New York, E. Jean Carroll, yang mengatakan Trump memperkosanya di ruang ganti toko pakaian pada tahun 1990-an, juri pada tanggal 9 Mei menyatakan Trump bertanggung jawab atas pelecehan seksual. Juri juga mendukung klaim Carroll bahwa Trump telah mencemarkan nama baiknya ketika, pada tahun 2022, dia mengatakan di media sosial bahwa Carroll "bukan tipe-nya" dan bahwa dia membuat klaim itu untuk meningkatkan penjualan bukunya. 

- Juri memberikan Carroll total US$5 juta sebagai ganti rugi. Gugatan pencemaran nama baik Carroll yang diajukan sebelumnya pada tahun 2019 terhadap Trump karena menyebutnya sebagai pembohong dijadwalkan untuk disidangkan pada bulan Januari. Seorang hakim memutuskan pada tanggal 6 September bahwa Trump bertanggung jawab atas pencemaran nama baik Carroll, yang berarti bahwa dalam persidangan nanti, juri hanya perlu memutuskan jumlah ganti rugi yang harus dibayar oleh Trump.

- Trump, perusahaannya, dan ketiga anak tertuanya menghadapi gugatan kelompok (class-action lawsuit) yang diajukan pada tahun 2018 oleh empat investor yang mengklaim bahwa mereka ditipi oleh promosi Trump untuk membayar ribuan dolar untuk menjadi penjual independen dengan ACN Opportunity LLC, yang menjual perangkat ponsel yang gagal yang diiklankan oleh Trump. Perangkat tersebut menjadi usang oleh smartphone. Sidang dijadwalkan pada tanggal 29 Januari.

- Trump diadili oleh 12 anggota parlemen Demokrat yang menuduhnya sebagai penyebab kerusuhan 6 Januari. Beberapa petugas polisi Capitol juga menggugat Trump atas cedera fisik dan pelecehan rasial yang mereka alami selama hari itu. Melalui banding, Trump berupaya untuk menghentikan kasus tersebut.

- Mary Trump, keponakan mantan presiden ini, menggugat pamannya, saudara laki-lakinya yang sudah meninggal, dan kakak perempuannya yang lebih tua karena diduga telah menipunya terkait warisan keluarga. Donald Trump memenangkan penolakan gugatan tersebut pada tanggal 14 November. Mary Trump berusaha untuk mengembalikan gugatan tersebut.

- Sebuah kelompok pemilih Michigan menggugat Trump dan kampanye pemilihan kembali pada tahun 2020 atas dugaan penindasan pemilih massal, terutama di antara pemilih kulit hitam. Upaya Trump untuk menolak kasus ini sebagian berhasil. Kelompok Michigan mencari waktu tambahan untuk mengajukan pengaduan kedua.

11. Apakah kasus-kasus ini merugikan secara politik?

Deretan kasus tersebut bisa menimbulkan lebih banyak gangguan bagit Trump. Belum lagi ancaman pidana penjara. Namun, Trump bukanlah politisi biasa. Dan kasus-kasus hukum ini bisa memperkuat narasinya bahwa dia sedang diburu dengan tidak adil oleh birokrat dan pemerintahan Demokrat Biden, yang kemungkinan besar akan menjadi lawannya dalam pemilu 2024. 

Dia menyebut gugatan terhadapnya dan penyelidikan atas perilakunya sebagai "hoaks" dan upaya 'witch-hunting’ - fenomena zaman dulu di mana orang-orang yang dianggap penyihir ditangkap dan lantas dihukum tanpa bukti. 

(bbn)

No more pages