Logo Bloomberg Technoz

"Saya tahu itu karena saya dapat bekerja dengan Partai Republik sepanjang karier saya. Tapi tidak ada pertanyaan bahwa Partai Republik saat ini didorong dan diintimidasi oleh ekstremis MAGA."

Pidato Biden itu disampaikan di Arizona satu hari setelah kandidat Republik mengadakan debat kedua mereka tanpa Trump, yang telah mengkonsolidasikan posisinya dalam pemilihan pendahuluan di Partai Republik, dengan janji untuk menggunakan kekuatan eksekutif untuk mencabut birokrat federal yang tidak setuju dengan pandangannya, melakukan deportasi massal terhadap, dan menugaskan militer AS ke kota-kota besar untuk memerangi kejahatan.

"Trump mengatakan Konstitusi memberinya 'hak untuk melakukan apa pun yang dia inginkan sebagai presiden,'" kata Biden.

Arizona sendiri adalah negara medan pertempuran tempat Biden mengalahkan mantan Trump dengan kurang dari setengah poin persentase pada tahun 2020.

Biden, 80, kerap menyoroti tema demokrasi, menyebut Trump dan pendukungnya sebagai ekstrem dan ancaman bagi AS.

Biden telah meningkatkan serangannya terhadap Trump, yang masih unggul di Partai Republik meski ia tengah menghadapi empat kasus kriminal, termasuk atas upayanya untuk membatalkan hasil pemilu AS tahun2020. Pidato Biden Kamis adalah pidato besar pertama Biden tentang demokrasi sejak Trump didakwa.

(bbn)

No more pages