Logo Bloomberg Technoz

Pejabat AS-China Ngebut Bikin Pertemuan Demi Cegah 'Perang'

News
29 September 2023 12:15

Joe Biden dan Xi Jinping saat keduanya sama-sama menjabat sebagai Wakil Presiden bertemu di Gedung Putih, 2012 silam (Bloomberg)
Joe Biden dan Xi Jinping saat keduanya sama-sama menjabat sebagai Wakil Presiden bertemu di Gedung Putih, 2012 silam (Bloomberg)

Jenni Marsh - Bloomberg Technoz

Bloomberg, Para pejabat senior Amerika Serikat (AS) dan China terpantau mengadakan pembicaraan diplomasi tingkat tinggi di Washington yang meningkatkan ekspektasi bahwa Presiden Xi Jinping akan menghadiri pertemuan puncak di California tahun ini.

Dalam pertemuan tersebut ada Daniel Kritenbrink, pejabat tinggi Departemen Luar Negeri AS untuk Asia dengan Wakil Menteri Luar Negeri China untuk Asia Sun Weidong pada Kamis (28/9/2023), ini merupakan pertemuan terbaru para pejabat pemerintah dari dua negara yang merupakan kekuaan ekonomi terbesar dunia. 

Kedua orang tersebut melakukan percakapan "konstruktif" tentang isu-isu regional termasuk Korea Utara, dan menekankan pentingnya Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, menurut pembacaan Departemen Luar Negeri AS.

China dan AS telah berusaha untuk menstabilkan hubungan mereka setelah sebuah balon mata-mata China yang diduga melayang di atas Amerika pada awal tahun ini, yang membuat hubungan mereka menjadi tegang. Kedua belah pihak juga berselisih mengenai perdagangan, pembatasan Presiden Joe Biden terhadap akses Beijing ke teknologi mutakhir dan klaim teritorial Xi atas Taiwan.