Logo Bloomberg Technoz

Ikut Rayakan Ultah Luhut, JK Minta Warga Rempang Dibantu

Sultan Ibnu Affan
28 September 2023 19:45

Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan menandatangani buku saat perayaan ulang tahunnya. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)
Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan menandatangani buku saat perayaan ulang tahunnya. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) menyinggung soal konflik warga Rempang, Batam, Kepulauan Riau. Dia memberi pesan khusus soal hal itu saat menghadiri acara ulang tahun ke-76 Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

Dalam pesannya, JK mendorong agar pemerintah menuntaskan konflik warga Rempang. Dia tak ketinggalan menyebutkan karena itu Indonesia harus merasa beruntung memiliki sosok seperti Luhut yang bisa menangani berbagai macam persoalan.

"Saya kira kita sependapat ya bahwa kalau ada masalah kesulitan cuma satu kuncinya, pak Luhut. Jadi bapak itu kayak kunci Inggris. Kunci Inggris kan bisa disetel ke mana-mana begitu dibutuhkan," ujar JK saat memberikan sambutan di acara ultah Luhut di Jakarta, Kamis (28/9/2023).

"Tapi tolonglah rakyat itu. Rempang, Pak. Kita ingat konstitusi mengatakan kita harus melakukan sesuatu dengan hikmat kebijaksanaan, bukan dengan hikmat kebijakan. Dengan hikmat kebijaksanaan. Jadi bukan saja hikmat kebijakan tapi hikmat kebijaksanaan untuk keadilan semua orang di Indonesia," imbuhnya.

Sebelumnya, warga Rempang memang sempat bersitegang dengan pemerintah dan aparat karena bakal digusur dengan adanya proyek strategis nasional (PSN) Rempang Eco City di Batam, Kepulauan Riau.