Logo Bloomberg Technoz

Dengan demikian, social commerce di Indonesia, salah satunya yang saat ini dijalankan TikTok melalui TikTok Shop, resmi dilarang.

"Tujuan Permendag ini menciptakan ekosistem PMSE yang sehat dengan memperhatikan perkembangan teknologi yang dinamis. Mendukung pemberdayaan UMKM dan pelaku usaha PMSE dalam negeri" ujar Mendag Zulkifli Hasan dalam paparan di konferensi pers di Jakarta, Rabu (27/9/2023) kemarin.

Sempat ramai kehadiran Wishnutama dalam rapat terbatas (ratas) dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka yang membahas soal permendag tersebut di awal pekan ini.

Wishnutama mengatakan, kehadirannya bukan dalam kapasitasnya sebagai komisaris GoTo. Ia mengaku dirinya diundang untuk dimintai masukan terkait transformasi digital secara umum.

"Mungkin karena latar belakang pekerjaan saya yang datang dari industri media digital, infrastruktur digital, ekonomi digital dan industri kreatif yang juga erat dengan digital," kata Wishnu dikutip dari sejumlah media lokal.

Wishnutama sendiri saat ini merupakan tim Asistensi dan Kemitraan Panitia Nasional Keketuaan Indonesia pada ASEAN. Posisi Wishnutama tersebut tercantum dalam Keputusan Presiden (Keppres) No 5 tahun 2023 yang masa kerjanya akan berlangsung hingga 31 Desember tahun 2023. 

Gerak Saham BUKA hingga BELI

Penurunan yang terjadi bukan hanya dialami oleh GOTO. Saham PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) mengalami aksi serupa. Saham emiten pengelola e-commerce Bukalapak ini mencatat net sell sebesar Rp9,1 miliar. 

Saham BUKA kemarin ditutup stagnan dan flat sama seperti harga hari sebelumnya pada level Rp208/saham.

Kemudian saham PT Global Niaga Tbk (BELI) juga mencatatkan net sell. Angkanya Rp62 juta. Saham platform Blibli.com ini kemarin pun juga stagnan, dan hanya mampu parkir di level Rp452/saham. 

(fad)

No more pages