Logo Bloomberg Technoz

Komisi Dagang AS Tuduh Amazon Monopoli Bisnis Ritel Online

News
27 September 2023 10:00

Amazon. (Dok: Bloomberg)
Amazon. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Komisi Perdagangan Amerika Serikat AS atau Federal Trade Commission (FTC) bersama 17 jaksa negara bagian menggugat Amazon.com Inc., telah melakukan praktik monopoli yang tidak adil, dengan serangkaian taktik yang menjauhkan dari persaingan sehat.

FTC berpendapat Amazon memungkinkan untuk menghentikan pesaing dan membuat penjual menurunkan harga, menjual harga terlalu mahal, atau menghambat inovasi. Amazon melakukan tindakan eksklusif yang mencegah tumbuhnya rival ataupun munculnya perusahaan baru.

Langkah Amazon berdampak pada penjualan ritel senilai ratusan miliar dolar setiap tahunnya, menyentuh ratusan ribu produk yang dijual oleh pebisnis besar maupun kecil, serta berdampak pada lebih dari seratus juta pembeli. 

“Keluhan kami adalah bagaimana  Amazon menggunakan serangkaian taktik hukuman dan koersif untuk mempertahankan monopolinya secara tidak sah,” kata Ketua FTC Lina Khan dalam keterangan tertulisnya, Selasa.

Ketua FTC Lina Khan. (Dok: Bloomberg)

Dalam keterangannya kepada Bloomberg, Khan menyatakan Amazon meminta hakim untuk menghentikan “tindakan ilegal” Amazon. Khan memberi pernyataan perdana secara publik usai FTC kepada Amazon. Raksasa e-commerce AS ini dituduh memonopoli layanan pasar online.