Logo Bloomberg Technoz

Harga Emas Sudah di Bawah US$1.900/Ons, Saatnya Borong?

Hidayat Setiaji
27 September 2023 09:00

Seorang karyawan memajang gelang emas di dalam toko Kalyan Jewellers di Noida, India. (Prashanth Vishwanathan/Bloomberg)
Seorang karyawan memajang gelang emas di dalam toko Kalyan Jewellers di Noida, India. (Prashanth Vishwanathan/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Harga emas dunia turun pada perdagangan hari ini. Kini, harga sang logam mulia sudah di bawah US$ 1.900/ons.

Pada Rabu (27/9/2023) pukul 07:58 WIB, harga emas dunia di pasar spot tercatat US$ 1.899,38/ons. Turun tipis 0,03% dari penutupan perdagangan kemarin tetapi jadi yang terendah sejak 22 Agustus.

Dalam seminggu terakhir, harga emas turun 1,48% secara pont-to-point. Selama sebulan ke belakang, harga berkurang 0,97%.

Sentimen yang menahan harga emas adalah arah suku bunga acuan, terutama di Amerika Serikat (AS). Pekan lalu, bank sentral Federal Reserve memang menahan suku bunga acuan. Namun berdasarkan dot plot terakhir, ada kemungkinan Federal Funds Rate naik lagi tahun ini.

Sumber: FOMC, Bloomberg

“Investor cemas Fed akan melakukannya lagi (menaikkan suku bunga). Fed akan mempertahankan suku bunga di level tinggi dalam waktu lama dan kenaikan pada November atau Desember bisa terjadi,” sebut Ed Moya, Senior Market Analyst OANDA, seperti dikutip dari Bloomberg News.