Logo Bloomberg Technoz

Asosiasi UMKM: Pemerintah Gagap Hadapi Fenomena Dagang Online

Yunia Rusmalina
27 September 2023 08:40

Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan UMKM dan Lokasi Wisata di Labuan Bajo, 23 April 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan UMKM dan Lokasi Wisata di Labuan Bajo, 23 April 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sekretaris  Jenderal Asosiasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah-UMKM (Akumindo) Edy Misero menilai Pemerintah Indonesia gagap menghadapai perubahan terutama teknologi khususnya e-commerce.

“Jangan berdiri di belakang masalah, harus bisa antisipasi atas masalah yang ada. Pemerintah gagap menghadapi yang semua tiba- tiba, tetapi masih kita akui pemerintah memiliki hati untuk pelaku UMKM,” tutur Edy di Gedung DPR, Selasa (26/09/2023).

Edi menilai pemerintah masih mempunyai hati untuk UMKM walaupun terkesan gagap. Salah satu yang hati baik yang dilakukan pemerintah untuk UMKM, kata dia, peraturan pemerintah untuk belanja negara 40% digunakan untuk belanja UMKM. 

Namun demikian, pemerintah sebenarnya sudah memahami bahwa sejak tiga tahun lalu fenomena perdagangan, dengan pemanfaatan teknologi telah membuat nilai-nilai terjadi pergeseran. 

“Saat ini sedang gencar- gencarnya. Revisi permendag 50 tahun 2020 sudah direncanakan 7 bulan yang lalu padahal,” ungkpanya.