Logo Bloomberg Technoz

Harga Minyak Menguat Tipis, Harga Mendekati US$91

News
27 September 2023 05:24

Ilustrasi minyak dunia. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi minyak dunia. (Dok: Bloomberg)

Rob Verdonck  - Bloomberg News

Bloomberg, Harga minyak naik tipis karena pengetatan pasar melebihi kekuatan dolar. Suasana risk-off di pasar keuangan yang lebih luas didorong oleh kemungkinan suku bunga akan tetap tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama.

Harga minyak West Texas Intermediate naik mendekati $91 per barel setelah ditutup naik 0,8% pada hari Selasa. Premi untuk barel minyak Amerika Serikat (AS) jangka pendek mendekati level tertinggi dalam lebih dari setahun setelah melonjak selama sepekan terakhir. Hal ini mengindikasikan defisit pasokan.

Indeks minyak. (Sumber: Bloomberg)

Harga minyak telah melonjak sebanyak 28% sejak akhir Juni, yang merupakan kenaikan kuartalan terbesar sejak awal 2022. Hal ini dipicu pembatasan pasokan dari Arab Saudi dan Rusia. Kenaikan ini telah menghidupkan kembali pembicaraan tentang minyak mentah seharga $100 per barel, tetapi kenaikan telah terhenti selama seminggu terakhir.

American Petroleum Institute yang didanai oleh industri melaporkan bahwa stok minyak mentah AS naik minggu lalu. Namun menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut, persediaan di pusat penyimpanan di Cushing, Oklahoma menurun. Angka resmi dari Energy Information Administration dijadwalkan akan dirilis nanti pada Rabu malam.