Logo Bloomberg Technoz

Daftar Proyek Dana JETP Ditargetkan Rampung Oktober

Sultan Ibnu Affan
26 September 2023 20:45

Asap keluar dari cerobong PLTU Suralaya di Merak, Cilegon, Banten, Rabu (30/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Asap keluar dari cerobong PLTU Suralaya di Merak, Cilegon, Banten, Rabu (30/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) menargetkan finalisasi proyek yang menggunakan dana kesepakatan iklim Indonesia melalui Just Energy Transition Partnership (JETP) bakal rampung Oktober mendatang. Saat ini, pemerintah tengah melakukan kurasi proyek pada dokumen rancangan rencana investasi atau comprehensive investment and policy plan (CIPP).

"Nanti detailnya pada saat kita launching oktober," kata Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves, Rachmat Kaimuddin, Selasa (26/8/2023).

Menurut dia, dana komitmen JETP disebut rinci dengan total sebesar US$21,7 miliar. Namun, dari dana tersebut, porsi dana 'hibah' atau pemberian cuma-cuma disebut hanya sekitar 1%, atau setara US$217 juta.

"Secara umum, ibaratnya semuanya sudah diklasifikasikan, tinggal memang nanti [pilih proyek] yang mana yang cocok," ujar dia.

Rachmat lantas membeberkan, Kemenko Marves telah mengkategorikan sejumlah proyek yang akan mendapat kucuran dana JETP.