Logo Bloomberg Technoz

Bocoran Persiapan Pertamina International Shipping Sebelum IPO

Sultan Ibnu Affan
26 September 2023 18:05

Direktur Utama Pertamina International Shipping Yoki Firnandi di sela Bloomberg CEO Forum, Rabu (6/9/2023)./Bloomberg Technoz-Sultan Ibnu Affan
Direktur Utama Pertamina International Shipping Yoki Firnandi di sela Bloomberg CEO Forum, Rabu (6/9/2023)./Bloomberg Technoz-Sultan Ibnu Affan

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) bakal mengoperasikan lebih dari 100 armada kapal baru hingga akhir tahun 2023. Direktur Utama PT PIS Yoki Firnandi mengatakan, per Agustus ini, pihaknya berencana untuk menambah 5 buah kapal baru. 

Sekadar catatan, kini PIS telah mengelola 98 kapal dari berbagai tipe pengangkutan, mulai dari Liquified Natural Gas (LNG) hingga minyak mentah.

"Sampai bulan Agustus [ada penambahan] lima kapal dan akan ada beberapa lagi sampe akhir tahun, mudah2an kita coba kejar sebanyak-sebanyaknya, up to 10 mungkin ada nambah 5 lagi," ujar Yoki saat ditemui disela acara Sustainabilty Action Future Economy (SAFE) di Jakarta, Selasa (29/9/2023).

Dia mengatakan, penambahan kapal tersebut juga direncanakan ada yang untuk mengangkut LNG. Untuk mengangkut LNG, PIS sendiri masih mengoperasikan kapal LNG dengan sistem sewa. "[Jenis penambahan kapalnya] kombinasi. Ada kapal gas, kapal minyak, kapal petrochemical, ada semua,"

Yoki mengatakan, penambahan kapal tersebut dilakukan sejalan dengan komitmen perusahaan terhadap bisnis jangka panjang. Menurutnya, kebutuhan transportasi logistik untuk perdagangan internasional ke depan akan semakin bertaji.