Logo Bloomberg Technoz

Saat memproses pembayaran, terdapat berbagai metode mulai dari via dompet digital seperti GoPay, OVO, Dana, juga bisa melalui Bank transfer, kartu kredit/debit, ataupun sistem bayar di tempat (Cash on delivery/COD).

Jika memilih via Bank transfer terdapat opsi empat bank, Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BRI. Uji coba pembelian raket nyamuk Starco menggunakan metode Bank transfer, dimana setelah ‘klik order’ pada aplikasi TikTok Shop muncul nomor akun virtual.

Detail belanja raket nyamuk Starco di toko official TikTok. (Dok: Tangkapan layar)

Nomor tersebutlah yang kemudian menjadi tujuan transfer atas barang yang sudah dipilih, dalam hal ini raket nyamuk Starco. Dari pengalaman berbelanja di TikTok sebelumnya nomor akun virtual bank tersebut nama TIKTOK SHOP/TikTok.

Untuk pembelajaan raket nyamuk di TikTok menghabiskan biaya Rp47.264.

Bagaimana saat berbelanja di Shopee dan Tokopedia?

Bloomberg Technoz melakukan uji coba yang sama pada toko official Starco, memilih jenis barang yang sama raket nyamuk model RN-555 3-in-1 Multifunction Mosquito Racket.  Harga barang yang sama di Shopee Rp179.700, atau sama seperti yang tertera di TikTok Shop. Namun terdapat potongan harga hingga harga final dari raket nyamuk Starco Rp59.900.

Saat melanjutkan proses menuju pembayaran, tertera nilai total belanja menjadi Rp68.400. Terdapat tambahan berupa biaya layanan dan biaya penanganan masing-masing Rp1.000. Ini masih ditambah dengan biaya pengiriman Rp8.500.

Shopee masih memberikan potongan jasa antar barang berbentuk voucher senilai Rp2.000, sehingga total belanja untuk satu unit raket nyamuk Starco tetap Rp68.400.

Untuk pilihan pembayaran, Shopee memiliki lebih banyak ragam. Selain Bank transfer, kartu kredit/debit,  Cash on delivery (COD), terdapat pula cicilan via SPayLater senilai Rp70.092, mengangsur 3x sebesar Rp24.703/bulan, 6x Rp13.355/bulan, 12x Rp7.682/bulan.

Detail belanja raket nyamuk Starco di toko official Shopee. (Dok: Tangkapan layar)

Metode lain adalah SeaBank Bayar Instan, melalui ShopeePay, ataupun Bayar Tunai di Mitra/Agen. Metode yang kami pilih adalah Bank transfer, seperti pada TikTok dengan nilai belanja akhir Rp68.400.

Sama seperti pada aplikasi TikTok, Shopee menyediakan kesempatan konsumen untuk mengirimkan dana ke nomor akun virtual berkode unik. Tidak ada biaya tambahan lagi usai uji coba transaksi ini.

Saat berbelanja di akun Starco Official Store Tokopedia, raket nyamuk yang sama dihargai Rp59.900 dengan informasi harga sebelumnya Rp179.700, atau terdapat potongan harga 67%. Namun total nilai belanja di Tokopedia mencapai Rp70.400.

Penambahan terjadi akibat adanya biaya layanan dan jasa aplikasi, masing-masing Rp1.000. Kemudian asuransi Rp500 dan jasa ongkos kirim Rp8.000.

Tokopedia juga kerap menawarkan kode promo. Pada pengujian kedua dengan produk yang sama, platform menyediakan diskon kupon diskon senilai Rp30.000. Dengan demikian untuk raket nyamuk Starco dapat ditebus dengan harga Rp41.400.

Detail belanja raket nyamuk Starco di toko official Tokopedia. (Dok: Tangkapan layar)

Dari pengujian berbelanja pada ketiga aplikasi dagang-el (termasuk TikTok Shop selaku social commerce) pada waktu yang sama, berbelanja di Tokopedia lebih murah dibandingkan pada kedua platform lainnya.

Untuk diketahui rencana rilis Permendag 50 menjadi ancaman serius TikTok Shop, namun pada bagian lain justru menjadi keuntungan bagi para pemain e-commerce tradisional -terutama Shopee.

Menurut Alivca Yap, analis Citi, dukungan penataan ulang aturan PMSE dari Presiden Joko Widodo adalah “perkembangan positif bagi pemain e-commerce lama di Indonesia—khususnya Sea Ltd., mengingat persaingan kini antara TikTok dengan Shopee.”

Alicia mengatakan bahwa terdapat keuntungan bagi Shopee atau pelaku industri e-commerce lainnya dalam beberapa tahun ke depan terkait kebijakan pemerintah Indonesia terbaru yang ‘menganggu’ bisnis TikTok.

Dominasi TikTok

“Disrupsi apapun yang berdampak pada para penjual di TikTok selama masa transisi sangat mungkin akan bermanfaat untuk Shopee dan platform e-commerce lain,” jelas Alicia, yang tetap mempertahankan ‘netral’ pada saham Sea.

Analis Bloomberg Intelligence Nathan Naidu mengatakan rencana penerbitan revisi Permendag 50 ini  akan menghambat pertumbuhan konversi pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAU) menjadi calon pembeli, dari posisi saat ini sekitar 125 juta pengguna.

Hal yang menguntungkan Shopee, yang setipe TikTok Shop, bergantung pada produk kecantikan dan perawatan pribadi dalam porsi penjualan di domestik.

Saham Sea mengalami lonjakan 11,73% ke posisi US$40,2 pada sesi akhir. Bloomberg News melaporkan Sea bahkan sempat mengalami kenaikan harga saham hingga 15% sepanjang Senin (26/9/2023) waktu AS.

TikTok dalam pernyataan terbaru usai pertemuan tiga menteri membahas Permendag 50 yang rencananya terbit Selasa (26/9/2023), menjelaskan model bisnis yang mereka usung, social commerce adalah solusi untuk UMKM. Pasalnya terjadi pertemuan antara pelaku bisnis dan kreator lokal.

“Kami akan tetap menghormati hukum dan peraturan yang berlaku di Indonesia, namun kami juga berharap pemerintah mempertimbangkan dampak terhadap penghidupan 6 juta penjual lokal dan hampir 7 juta kreator affiliate yang menggunakan TikTok Shop,” kata juru bicara perusahaan dalam pernyataan resmi.

(wep/hps)

No more pages