Logo Bloomberg Technoz

Bom Raksasa PD II Dijinakkan, Warga Singapura Dievakuasi

News
26 September 2023 15:00

Ilustrasi perbatasan Malaysia dan Singapura. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi perbatasan Malaysia dan Singapura. (Sumber: Bloomberg)

Elizabeth Low - Bloomberg News

Bloomberg, Para ahli penjinak bom Singapura telah melakukan peledakan pertama terhadap sebuah perangkat peledak dari Perang Dunia II berbobot 100 kilogram. Bom tersebut ditemukan di sebuah lokasi konstruksi. 

Dilaporkan oleh The Straits Times pada Selasa (26/9/2023), lebih dari 4.000 penduduk yang tinggal di dekat lokasi di sepanjang jalan Upper Bukit Timah Road sebelumnya telah dievakuasi dari area tersebut. Hal ini dilakukan agar Angkatan Bersenjata Singapura dapat melakukan serangkaian ledakan yang terkendali. Menurut laporan tersebut, diperkirakan akan ada proses peledakan kedua.

Bom tersebut, yang dianggap terlalu berbahaya untuk dipindahkan dari lokasi setelah ditemukan pada 20 September, diyakini sebagai salah satu bahan peledak perang terbesar yang pernah ditemukan di Singapura.

Polisi sebelumnya telah memperingatkan warga agar menjauh dari area tersebut. Pihak berwajib mengatakan dalam sebuah pernyataan pers bahwa "bunyi keras dapat terdengar selama pembuangan terkendali dari peninggalan perang ini."