Logo Bloomberg Technoz

"Tetapi di kota-kota kecil perlu waktu antara enam bulan hingga satu tahun untuk pemulihan yang baik," kata Li Daokui, mantan anggota komite kebijakan moneter PBoC.

Penjualan rumah merupakan sumber pendapatan utama bagi pengembang properti. Namun, runtuhnya pasar dalam dua tahun terakhir telah mendorong raksasa real estate seperti Country Garden Holdings Co. nyaris gagal bayar dan memicu kepanikan pasar. 

Proyek perumahan pun terbengkalai. Pinjaman bank ke sektor ini juga telah anjlok.

“Di sektor properti, kita tahu populasi China menurun. Mungkin sudah saatnya pemerintah menyadari bahwa ke depan lebih sedikit apartemen akan lebih baik,” tegas Carsten Menke, Analis di Julius Baer.

Selain perkembangan di China, penguatan kurs dolar AS juga menjadi pemberat bagi harga logam. Kemarin, Dollar Index (yang mengukur posisi greenback di hadapan 6 mata uang utama dunia) menguat 0,4% ke 105,998. Ini sekaligus jadi yang terkuat sejak November tahun lalu.

Logam adalah aset yang dihargai dalam dolar AS. Apresiasi dolar AS akan membuat aset ini lebih mahal bagi investor yang memegang mata uang lain. Permintaan akan berkurang, sehingga harga mengikuti.

(aji)

No more pages