Logo Bloomberg Technoz

KM Umsini memiliki dimensi dengan panjang  Kapal 144 meter, dengan lebar kapal mencapai 23,4 meter. Berat kotor KM Umsini memiliki bobot hingga 14.501 ton, dengan laju kecepatan 22.4 knot.

Dengan kecepatant tersebut, KM Umsini melayani rute pelayaran dari Pelabuhan Kijang di Batam - Tanjung Priok - Surabaya - Makassar - Maumere - Larantuka - Lewoleba - Kupang (PP).

Jadi isolasi terapung pertama di Indonesia

Pada masa pandemi covid sedang merajelala pada 2021, di masa PPKM Darurat berlangsung, KM Umsini merupakan salah satu kapal yang melakukan portstay. 

Kapal Motor Umsini sebagai tempat isolasi mandiri (isoman) apung bagi pasien covid-19 di Makassar, Sulawesi Selatan. Kapal ini disediakan karena adanya lonjakan kasus covid-19 di kota tersebut. Saat menjadi tempat isolasi terapung covid-19, daya tampung KM Umsini mencapai 804 pasien dan 60 tenaga kesehatan yang disediakan oleh Pemerintah Kota Makassar.

KM Umsini saat difungsikan menjadi lokasi isolasi pasien covid terapung di Makassar. (foto: Pelni)

Jumlah tersebut sesuai dengan kebijakan 50% dari kapasitas kapal sehingga protokol kesehatan di atas kapal tetap terlaksana. Kru yang bertugas di atas kapal juga diganti (rolling) setiap dua minggu sekali. Selama penanganan isolasi pasien covid, KM Umsini merapat di sekitar Pulau Lae Lae.

Pelni sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 76 pelabuhan serta melayani 1.058 ruas.

Selain angkutan penumpang, Pekni juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah kepulauan terpencil, terdepan, terbelakang dan perbatasan (3TP) dengan menyinggahi 285 pelabuhan dengan 3.811 ruas.

(ain)

No more pages