Logo Bloomberg Technoz

Fakta KM Umsini, Kapal Tertua Pelni Pernah Isolasi Pasien Covid

Angga Indrawan
26 September 2023 09:30

KM Umsini. (foto: Pelni)
KM Umsini. (foto: Pelni)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Potret-potret kapal tua Pelni yang masih beroperasi terungkap dalam rapat dengar pendapat antara Pelni dengan Komisi VI DPR, tengah pekan lalu. 

Direktur Utama PT Pelni (persero), Tri Andayani memaparkan kondisi dari kebutuhan Penyertaan Modal Negara (PMN) Rp3 triliun 2024 untuk pembelian dua kapal baru untuk angkutan penumpang. Tri mengungkapkan, dari total 26 kapal penumpang yang dimiliki Persero, usia tertua kapal di atas 30 tahun. 

Salah satu kapal tertua yang dimiliki Pelni yakni KM Umsini. Kapal rakitan 1985 itu kini sudah menginjak usia 38 tahun. Merupakan kapal berkapasitas hampir 2.000 penumpang yang melayani rute Batam hingga Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kapal Umsini diproduksi oleh pabrik kapal asal Papenburg, Jerman, Meyer Werft. 

Belum ada keterangan persero apakah KM Umsini merupakan kapal yang akan dipensiunkan tahun depan. Namun demikian, dalam profil armada milik Pelni, KM Umsini adalah kapal yang paling tua di antara 25 kapal penumpang milik Pelni lainnya. 

Nama Umsini diambil dari nama sebuah gunung yang bernama Gunung Umsini yang berada di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat. Kedatangan kapal tersebut terdokumentasikan pada 31 Januari 1985, merapat pertama kali di Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, Jawa Tengah.