Logo Bloomberg Technoz

Sim Salabim Kaesang Jadi Ketua Umum PSI

Yunia Rusmalina
26 September 2023 08:25

Kaesang Pangarep dalam acara Deklarasi politik PSI. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)
Kaesang Pangarep dalam acara Deklarasi politik PSI. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kader sehari, ketua umum kemudian. Adagium tersebut kini muncul usai putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep langsung menjadi ketua umum (ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Hal itu terjadi hanya selang lebih sehari dari pengumuman dia bergabung dengan partai besutan Jeffrie Geovanie itu.

"Tidak ada yang paling menggelikan dalam bulan ini di ruang politik kecuali PSI memilih Kaesang sebagai ketua umum partai itu. Seperti sim salabim. Baru sehari bergabung langsung didapuk menjadi ketua umum," kata pengamat politik yang juga pendiri Lingkar Madani Ray Rangkuti pada Senin malam (25/9/2023).

Saya minta bantuan kerja sama dan dukungan para relawan dan pendukung pak Jokowi yang belum terafiliasi dengan partai tertentu agar menjadikan PSI sebagai rumah bersama

Kaesang Pangarep

Ray mengatakan tujuan PSI menggaet Kaesang jelas untuk menjadi magnet di Pemilu 2024. Namun perlu dipertanyakan soal mekanisme internal partai karena begitu mudahnya memilih pucuk pimpinan. 

"Cara ini mengabaikan banyak aspek dalam memilih ketum yang mestinya hadir dalam organisasi apapun. Bahkan untuk organisasi yang paling sederhana sekalipun, ada tata cara, waktu, syarat dan pelibatan anggota di dalam pemilihan ketua umumnya," kata Ray lagi.

PSI melalui Sekjen Raja Juli Antoni menampik tudingan miring itu dan menjelaskan penunjukan Kaesang sudah sesuai dengan aturan partainya.