Logo Bloomberg Technoz

Jawaban PSI soal Instannya Kaesang Langsung Jadi Ketua Umum

Sultan Ibnu Affan
26 September 2023 06:35

Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep menjadi Ketua Umum PSI (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu)
Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep menjadi Ketua Umum PSI (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Solidaritas (PSI) mengangkat Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi menjadi ketua umum (ketum) menggantikan Giring Ganesha. Padahal Kaesang secara resmi baru bergabung dengan partai tersebut dalam hitungan hari. Sekjen PSI yang juga Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Raja Juli Antoni menjelaskan soal instannya Kaesang naik jadi pimpinan partai.

"Jadi kalau soal singkat waktu dari anggota ke Ketum itu singkat, bagi kami bukan persoalan selama semua kader se-Indonesia percaya bahwa mas Kaesang akan memimpin PSI untuk menang pada 2024. Saya kira itu untuk yang PSI," kata Raja Juli Antoni dalam konferensi pers di Jakarta pada Senin malam (25/9/2023).

Dia mengatakan, PSI adalah partai baru yang punya sistem pengkaderan. Namun pada saat bersamaan juga tak boleh kaku dan membuka ruang luas bagi anak-anak muda bergabung ke PSI.

Diketahui Kaesang menjadi Ketua Umum PSI berdasarkan Surat Keputusan Dewan Pembina Partai PSI Jeffrie Geovanie tentang penetapan ketua umum.

"Memutuskan pengangkatan saudara Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum PSI Periode 2023-2028. Surat Keputusan berlaku sejak tanggal ditetapkan," ujar Wakil Ketua Dewa Pembina Grace Natalie saat membacakan surat keputusan.