Logo Bloomberg Technoz

Antisipasi Harga Minyak, Kemenkeu Siapkan Skenario pada APBN 2024

Dovana Hasiana
25 September 2023 22:20

Pertambangan minyak onshore./dok. SKK Migas
Pertambangan minyak onshore./dok. SKK Migas

Bloomberg Technoz, Cianjur - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan menyiapkan skenario Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024. Hal itu akan dilakukan bila terdapat dampak signifikan yang diberikan oleh pergerakan harga minyak dunia terhadap postur APBN. 

Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Abdurohman mengatakan, Kemenkeu memang selalu menyiapkan skenario APBN untuk mengantisipasi ketidakpastian dan gejolak dari perekonomian global. 

Abdurohman mencontohkan, pada Januari 2022, Kemenkeu telah melakukan stress testing untuk melihat apakah APBN akan mendapatkan dampak secara signifikan dari pergerakan harga minyak. Dengan demikian, terdapat skenario yang telah disiapkan oleh Kemenkeu pada bulan Februari 2022. 

“Pemerintah selalu melakukan exercise, di awal tahun lalu 2022, begitu selesai pembahasan, Januari kita sudah melakukan stress testing,” ujar Abdurohman dalam Media Gathering APBN 2024, di Puncak, Jawa Barat, Senin (25/9/2023). “(Sehingga) Mei kita datang ke DPR dengan postur yang baru.” 

Dengan antisipasi yang dilakukan, Abdurohman mengatakan, target dari defisit APBN pada tahun 2022 jauh lebih rendah dari rencana semula.